www.domainesia.com

Cara Optimasi SEO On Page

Cara Optimasi SEO On Page - Ficri Pebriyana
Cara Optimasi SEO On Page - Optimasi SEO On Page merupakan salah satu dari 200 teknik seo lainnya yang menentukan faktor penentu ranking atau urutan blog atau website kita dalam search engine khususnya Google. Selain teknik SEO On Page ada juga yang namnya teknik SEO Off Page ini juga merupakan salah satu teknik seo. Teknik seo on page ini perlu kita lakukan untuk menentukan urutan blog kita dalam search engine, selain itu dengan melakukan teknik seo on page ini akan membantu pengoptimalan hasil pencarian di search engine dengan begitu jika SEO pada blog kita bagus maka akan mendatangkan banyak pengunjung dan juga SERP (Search Engine Result Page) blog kita akan kuat untuk selalu muncul di Halaman 1 Google.

Cara Optimasi SEO On Page ini memang mudah dan sangat simpel karena blog Ficri Pebriyana sudah menyiapkan semuanya dari jauh-jauh hari beberapa artikel yang siap untuk dijakan sebagai salah satu teknik seo on page untuk membantu mempermudah Anda dalam memahami teknik seo on page ini. Lalu apa perbedaan seo on page dan seo off page ? Silahkan simak dibawah ini :

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

SEO On Page (Didalam Blog)

SEO On Page adalah strategi yang dilakukan oleh seorang Blogger dengan meletakan beberapa kode didalam sebuah Template Blog seperti menambahkan Meta Tag, Title Tag, Alt Tag, dan lain-lain yang dilakukan oleh admin blog tersebut. SEO On Page ini selalu dilakukan didalam blog dan hanya dilakukan oleh admin blog saja.

SEO Off Page (Diluar Blog)

SEO Off Page adalah strategi yang dilakukan oleh seorang Blogger dengan mempromosikan blognya baik itu dengan memasang iklan di blog orang lain atau mengiklankan blognya pada sebuah koran. Aktifitas seo off page ini bisa dilakukan oleh siapa saja diluar tindakan admin, dan biasanya tanpa disadari orang lain membantu kita dalam Optimasi SEO Off Page seperti menyebar link kita di Situs Social Media sperti, Facebook dan Twitter.

Baiklah setelah Anda mengetahui perbedaan seo on page dan seo off page kini saatnya kita melakukan teknik seo on page, silahkan Anda simak tutorial Cara Optimasi SEO On Page dibawah ini :

1. Page Title (Judul Blog atau Website)

Page title atau judul halaman suatu blog atau website perlu kita perhatikan, agar blog menjadi lebih seo friendly kita harus merubah title blog kita seperti ini :

Benar
Cara Optimasi SEO On Page - Ficri Pebriyana
Salah
Ficri Pebriyana - Cara Optimasi SEO On Page

Alangkah baiknya sebuah judul artikel disimpan di paling depan dan nama blog disimpan dibelakang judul artikel, ini berfungsi untuk menguatkan kata kunci atau keywords yang Anda gunakan pada artikel tersebut sehingga menjadi lebih maksimal dalam hasil pencariannya. Untuk melakukan cara ini silahkan baca artikel berikut Meletakan Judul Artikel di Depan Nama Blog.

2. Meta Tags

Meta tags merupakan beberapa kode-kode yang berfungsi untuk meningkatkan hasil pencarian pada blog Anda dan memberikan sebuah gambaran terhadap robots search engine melalui Deskripsi dan Keywords. Deskripsi merupakan gambaran yang mengenai apa blog tersebut, sedangkan Keywords merupakan kata kunci yang akan digunakan pada blog tersebut. Alangkah baiknya Anda menggunakan Meta Tags Valid HTML5 karena setiap meta tag pada sebuah blog kadang tidak valid html5, dan meta tag valid html5 ini merupakan versi terbaru. Untuk sebuah keywords silahkan Anda baca disini Cara Membuat Keywords Yang Tepat dan Benar.

3. Konten (Artikel)

Konten atau yang dalam bahasa Inggrisnya Content merupakan sebuah artikel yang merupakan fakto seo yang harus dibuat oleh admin blog tersebut pada setiap artikelnya. Konten yang harus dibuat adalah konten yang menarik, terbaru, dan berkualitas. Buatlah sebuah artikel yang berkualitas dan hasil buatan sendiri, selain itu buatlah seoriginal mungkin yang  belum ada pada website atau blog lainnya. Baca artikel mengenai 5 Ciri Artikel Berkualitas.

4. Optimasi Gambar (Title Tag dan Alt Tag)

Pada setiap gambar haruslah diberikan sebuah tags fungsinya untuk memperkuat hasil pencarian dalam sebuah pencarian gambar. Silahkan berikan title tag pada link gambar dan alt tag pada gambar tersebut, gunakan ini untuk setiap gambar yang ada pada blog Anda, caranya silahkan Anda baca disini Cara Membuat Attribute Title Tag dan Alt Tag Pada Gambar.

5. Optimasi Link (Title Tag)

Sama seperti gambar, link juga harus diberikan sebuah title agar lebih menjadi seo dan menguatkan hasil pencarian. Link yang ada pada blog Anda baik itu dihomepage maupun dihalaman posting harus diberikan sebuah title tag, dan ini memang sama seperti optimasi gambar. Silahkan baca artikel berikut Membuat Attribute Title Tag Pada Setiap Link.

6. Related Post

Related post atau artikel terkait ini selain untuk mengurangi bounce rate bisa juga untuk memberikan informasi tambahan atau untuk menyarankan pengunjung blog untuk membaca artikel lainnya yang mungkin bermanfaat bagi mereka. Silahkan baca disini Cara Membuat Artikel Terkait Valid HTML5.

7. Breadcrumbs

Pasti ini di blog kalian juga sudah ada, template yang baru-baru ini dibuat pasti sudah memiliki breadcrumbs karena dengan ini akan memberikan petunjuk kepada pembaca blog dimana mereka sedang berada. Breadcrumbs ini merupakan navigasi kecil yang merupakan kelompok dari berbagai label-label yang telah ditentukan oleh penulis blog itu sendiri. Silahkan baca artikel berikut Cara Membuat Breadcrumbs Valid HTML5.

8. Percepat Loading Blog

Ini merupakan faktor utama yang diperhatikan oleh pemcaba blog, biasanya visitor atau pembaca blog ini akan membuka suatu artikel hasil pencarian mereka dan jika blog kita terus saja melakuka loading maka kemungkinan besar blog tersebut akan langsung ditutup dan mencari artikel lainnya, dengan begitu kita akan kehilangan pengunjung kita dan akhirnya blog menjadi sepi, untuk cara mempercepat loading blog silahkan baca disini Cara Mempercepat Loading Blog.

9. Validasi HTML5

HTML5 merupakan versi terbaru dan ini html5 ini memang disukai oleh search engine karena lebih mudah untuk dipahami baik oleh search engine maupun manusia. Melakukan validasi kepada blog kita memang gampang-gampang susah, jika memang kita sudah paham mengenai HTML maka akan mudah melakukan validasi html5 ini dan jika belum paham maka akan terasa sangat sulit. Caranya bisa Anda lihat disini Cara Membuat Blog Valid HTML5 dan Cara Membuat Halaman Posting Valid HTML5.

10. Inbound Link dan Outbound Link

Inbound Link (Link Masuk) atau juga sering disebut Internal Link dan Outbound Link (Link Keluar) atau juga sering disebut External Link ini perlu kita perhatikan bahwa dengan adanya link keluar yang terlalu banyak bisa saja Google menyanka bahwa blog kita adalah blog SPAM dan ini akan membuat blog kita terhapus oleh google maka dari itu berhati-hati dalam mengatur Inbound Link dan Outbound Link. Silahkan untuk lebih jelasnya baca disini Apa Itu Inbound Link dan Outbound Link.

Sekian artikel mengenai Cara Optimasi SEO On Page. Kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga Bermanfaat...

16 Komentar untuk "Cara Optimasi SEO On Page"

  1. sangat membantu,sekali, banyak sekali yang menyajikan optimasi seo onpage, ada sedikit persamaan ada yang jauh berbeda, namun sepertinya artikel yang agan sajikan ada sedikit yang berbeda yang bisa saya ambil buat digunakan, thnaks informasinya

    BalasHapus
  2. Mantap, berguna bgt bagi sy ijin coba :)

    BalasHapus
  3. Makasih mas atas info yang menarik

    BalasHapus
  4. Mantap dan terima kasih atas informasinya, memang praktek SEO itu cukup rumit....

    BalasHapus
  5. thanks infonya... say masih newbi...

    BalasHapus
  6. Salam admin, Setelah membaca artikel Anda Saya suka dengan topik Anda. Sangat membantu sekali dan bisa dijadikan sumber referensi . Saya berharap orang lain dapat merasakan manfaat yang sama seperti saya, saya akan menunggu update artikel berikutnya. Terima kasih untuk berbagi

    BalasHapus
  7. Hallo, . . Saya ingin bertanya apakah sebaikya kata kunci di setiap halaman sebaiknya sama, ada yang sama, memiliki kata kunci utama (sama di setiap halaman), atau berbeda tiap halamannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum saya mejelaskannya silahkan baca disini :
      http://www.kreasikan.com/2016/12/cara-mengaktifkan-dan-menggunakan-meta-deskripsi-di-blog.html

      kata kunci atau keyword harus dibuat dengan unik, artinya setiap laman yang dibuat harus memiliki kata kunci yang berbeda, ini akan membantu mesin penelusur dalam menampilkan konten yang relevan pada hasil penelusuran, jadi intinya kata kunci jangan disamakan di semua halaman atau postingan...

      Hapus
  8. Dari beberapa artikel sejenis yang pernah saya baca, ini yang termasuk yang mudah dipahami buat saya, trimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih banyak optimasi seo selain cara diatas, tapi saya lagi patah semangat nih

      Hapus

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Fast Hosting